Aplikasi E-School Management System (KlikSekolah Core)

Modul ini merupakan dasar (mandatory module) dari keseluruhan solusi. Tanpa diimplementasikannya modul ini, maka modul lainnya tidak akan dapat berfungsi secara optimal.

E-School Management System adalah sistem aplikasi berbasis komputer untuk digunakan oleh internal sekolah. Sistem ini adalah Sistem Manajemen Sekolah yang paling lengkap saat ini, bila dibandingkan dengan produk sejenis yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah dan swasta, karena Sistem aplikasi ini mensupport metode pembelajaran sebagai berikut :

  • Penilaian dengan metode KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) / Kurikulum 2013 (Kognitif – Psikomotorik – Afektif) untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, baik Negeri maupun Swasta.
  • Penilaian dengan metoder Kurikulum 2006 untuk SD, SMP, SMA dan SMK, baik Negeri maupun Swasta.

Mensupport sistem belajar Moving Class / SKS, yang mulai digunakan oleh beberapa sekolah, baik Sekolah Nasional, Sekolah Nasional Plus dan Sekolah International. Moving Class mirip seperti kuliah, setiap anak dibebaskan untuk mengambil mata pelajaran yang diinginkan.

Selain untuk pencatatan dan pemrosesan nilai-nilai, E-School Manajemen System juga menyediakan fasilitas lainnya, mulai dari Penerimaan Siswa Baru sampai manajemen data siswa hingga alumni.

Sistem aplikasi ini sangat terintegrasi, artinya tidak akan ada tumpang tindih pengisian data antara bagian satu dengan bagian lainnya. Sebagai contoh : bagian perpustakaan tidak perlu mengetik lagi data-data siswa yang hendak meminjam buku, karena data siswa tersebut telah diketik oleh bagian TU / PSB. Bagian perpustakaan cukup mengetikkan nomor induk siswa / nomor absen siswa untuk mencatat transaksi peminjaman buku.

Secara lengkap aplikasi yang terdapat pada E-School Management System adalah :

  1. Modul PSB (Penerimaan Siswa Baru) : digunakan oleh tim panitia PSB untuk mengisi data penerimaan siswa baru. Modul ini dilengkapi dengan fitur analisa, sehingga memudahkan panitia dalam melakukan seleksi penerimaan siswa.
  2. Modul TU (Tata Usaha) : digunakan oleh bagian TU untuk mengisi biodata siswa, pemberian nomor induk, pembagian kelas dan pencatatan mutasi. Dengan pengetikan biodata siswa oleh TU, maka laporan untuk akreditasi dapat langsung dibuat, diantaranya : Klapper, Laporan Mutasi, Laporan 8355, Buku Induk, dan sebagainya.
  3. Modul Guru : digunakan oleh masing-masing GURU untuk mengisi nilai kognitif, psikomotorik (praktek) dan afektif (sikap). Laporan yang langsung dihasilkan oleh modul ini adalah : Raport Mid Semester (Raport Bayangan), Legger, Raport KBK sesuai dengan format Diknas, Laporan Standar Kompetensi, dsb.
  4. Modul Kesiswaan : digunakan untuk mencatat absensi, prestasi dan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Seluruh pencatatan disipliner ini, akan dapat ditampilkan dalam bentuk Rekap Harian dan Rekap Bulanan, serta langsung tampil saat pencetakan Raport KBK.
  5. Modul Ekskul : digunakan untuk pencatatan nilai ekstra kurikuler yang diikuti oleh siswa.
  6. Modul Kurikulum : digunakan oleh Kepsek / Kabag Kurikulum untuk menghitung nilai akhir siswa secara otomatis. Metode Penilaian dapat dirubah sendiri dengan menggunakan PARAMETER, baik menggunakan penilaian KBK dan NON KBK.
  7. Modul Pembentukan Raport dan Laporan Pendukung : digunakan oleh bagian Kurikulum / TU untuk mencetak raport siswa, baik Raport Mid Semester maupun Raport Akhir (KBK dan NON KBK). Selain untuk mencetak Raport, disediakan juga laporan pendukung lainnya, seperti Legger, 8355, Buku Induk, Laporan Mutasi, dan sebagainya, sesuai dengan kebutuhan sekolah dan kebijakan dari Departemen Pendidikan Nasional. Sumber data untuk pembentukan laporan-laporan.
  8. Modul Kenaikan Kelas : digunakan oleh bagian Kurikulum / TU untuk proses kenaikan kelas siswa. Cukup dengan satu kali klik dalam proses ini, maka data siswa akan secara otomatis akan tersedia untuk tahun ajaran berikutnya. Modul ini juga mensupport proses FEEDER, yaitu proses perpindahan dari SD ke SMP dan SMP ke SMA, tanpa perlu mengetikkan ulang biodata siswa.
  9. Modul Perpustakaan : digunakan oleh perpustakaan untuk mencatat data buku beserta transaksi peminjaman buku. Modul perpustakaan menggunakan metode DEWEY, seluruh Laporan Peminjaman Buku akan langsung tersedia dan dapat dilihat oleh Wali Kelas, sehingga sangat memudahkan dalam proses penagihan buku tersebut.
  10. Modul Keuangan : digunakan oleh bagian keuangan / TU untuk membuat Invoice dan Kuitansi pembayaran uang sekolah.Modul Kepegawaian : digunakan untuk mencatat biodata seluruh pegawai sekolah (Tenaga Pendidik / Guru, Tenaga Terampil / TU, dan Tenaga Penunjang / Satpam). Dilengkapi dengan fitur Kenaikan Pangkat Berkala dan Kenaikan Golongan, termasuk surat-suratnya.

Selain itu, kami juga menyediakan modul General Ledger yang dapat digunakan oleh sekolah. General Ledger adalah aplikasi akuntansi, sehingga sekolah dapat menghasilkan Neraca dan Rugi Laba. Modul ini bersifat opsional, karena tidak semua sekolah memerlukan aplikasi ini.